Lemak di Pinggang Kerap Di abaikan

Belfast, Senin – Jangan anggap remeh tumpukan lemak di pinggang atau di seputar perut Anda. Bertambahnya ukuran di bagian tubuh tersebut sekaligus menjadi pertanda penebalan tipe lemak yang berbahaya di sekeliling organ dalam. Sayangnya, banyak orang tidak menyadari fakta tersebut.
Dalam survey terhadap 12.000 orang Eropa, diketahui sebagian besar dari mereka tidak mengetahui bahaya lemak di pinggang atau kerap disebut visceral fat itu. Hanya sekitar 25 persen responden yang memahami betapa lemak yang identik dengan obesitas itu menjadi salah satu sumber permasalahan kesehatan.
Salah seorang penulis hasil studi itu, Dr. Terry Maguire dari Universitas Queen di Belfast, Irlandia Utara, mengatakan, bahaya lemak di sekitar organ di dalam perut terkait pelepasan protein dan hormon yang dapat menyebabkan peradangan. Kondisi itu lebih lanjut dapat merusak pembuluh darah arteri dan hati.
Kerusakan akan memengaruhi kemampuan tubuh memecah gula dan lemak yang ujungnya meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.
“Sebagian besar orang yang mengalami obesitas berpandangan mereka hanya memiliki masalah citra tubuh dan bukan persoalan kesehatan”, ujarnya.
Ukuran lingkar pinggang masih menjadi indicator yang baik guna melihat ketebalan lemak. Untuk mengurangi lemak tersebut, pola makan sehat dan olahraga yang teratur masih menjadi kunci utama. (BBC/INE)
Disadur dari Kompas, Desember 2009

~ by Putri Mulia Gurnitha on January 13, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: