Kenapa Produk China Bisa Murah ??

Copas dari blog temen di MP, semoga bermanfaat ^^

 

Dear All,

Ini hasil rekaman wawancaraku dengan Bapak ‘X’, seorang pengusaha asal Indonesia yang diberi kesempatan untuk berinvestasi , membuka pabrik usaha di China.(Guang Zhou).

Dari hasil rekaman wawancara inilah, aku pun akhirnya mengetahui mengapa produk China bisa unggul.

Nyamuk = N,

N: Pagi om. Pa kabar? Sehat? Tumben ada di rumah? Gak ke China om?

X: Hei, pa kabar? Papi sehat toh? Om uda tua mau santai saja di rumah. Anak om si ****** yang urus bisnis bolak-balik ke Guang Zhou. Katanya kamu mau tanya-tanya sama om?kayak wartawan aja kamu.

N: Hehehe, Iya om, ini lho…aku bingung. Kenapa bisa produk China itu murah?

X: Hahahahaha…itu toh? Gampang kok.

Pertama, dari suku bunga saja sudah beda. Indonesia suku bunganya sekitar 10%. Di China hanya 5-6 %.

Kedua, Om tidak perlu bangun pabrik, karena bangunannya sudah disediakan oleh Pemerintah China. Kalau disini, Om harus bangun pabrik dulu, keluar biaya material, Architect, Contractor, Ijin mendirikan bangunan, belum PUNGLI dari berbagai pihak.

Apalagi menjelang HARI RAYA…Yang datang banyak bener minta jatah.

Ketiga, Selama dua tahun, Om dikasih GRATIS bangunan tersebut. Listrik dan air pun GRATIS.

Keempat, buruh / tenaga kerjanya MURAH. Kalau perbandingan dengan Indonesia, misalkan upah buruh Indonesia 40rb/hari, ya di China hanya sekitar 20rb/hari.

Kelima, Buruh di China itu pekerja keras dan SANGAT DISIPLIN. Karena disiplin yang tinggi itulah, mereka bisa menghasilkan produk berkualitas tinggi dan banyak.

Mereka pun gak pernah seperti di Indonesia yang gak pernah memikirkan inginnya naik upah melulu. Dan mereka mana mau tahu, gara-gara menaikan upah buruh, harga jualnya mau gak mau jadi tinggi dan gak bersaing?

N: kok bisa murah Om? Apa buruh China bisa hidup Om?

X: Hahahaha…tentu bisa hidup. Bahkan lebih layak dari pada buruh di Indonesia. Kamu tahu gak, di China, buruh itu dikasih tempat tinggal, listrik, gas, dan air GRATIS dari Pemerintah China.

Bahkan fasilitas Rumah Sakit dan obat-obatannya itu semuanya GRATIS.

Anak-anak mereka diberi tunjangan SEKOLAH GRATIS sampai SMP. Dari situ saja, sebenarnya sudah terlihat, kalau buruh Indonesia, walau upahnya lebih besar, tapi pengeluarannya juga besar. Dihitung2 yaa, pendapatan buruh di China lebih besar toh? Apalagi mereka gak perlu bayar PPH / Pajak penghasilan.

N: Ooohhh, gitu toh Om? Kok bisa yaa, Pemerintah China memberikan Listrik, Air dan Gas gratis? Selama bertahun-tahun dan sebanyak jutaan orang buruh yang harus diberikan gratis. Gak rugi tuh Om?

X: Iya kalau di Indonesia sih pasti rugi lah. China itu punya pembangkit listrik tenaga NUKLIR. Itu kan hanya penggandaan plutonium saja yang bisa menghasilkan energy.

Dari situ dikembangkan ke berbagai bidang. Prinsipnya kan, energy dipakai sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat China. Nah kalau di Indonesia, pikiran dan kemampuannya belum sampai kesana. Harus punya PLTN dulu toh?

N: Iya Om, padahal kan kita punya UUD 45 pasal 33, “Bumi, alam dan kekayaan yang terkandung di dalamnya, dikuasai oleh Negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat.”

X: Nah, Om lanjutin yaa. Hasil produksi Om itu, tidak dikenai pajak pertambahan nilai atau PPN. Setelah jadi produk siap Export, mulai keluar dari kawasan pabrik, mobil container milik Om itu dikawal sama tentara China dengan mobil jip perang di depan dan dibelakang iring-iringan mobil.

Gak ada tuh kena PUNGLI DLLAJR, dan masuk JEMBATAN TIMBANG segala atau kena TILANG sama Polisi. Sampai di pelabuhan, gak ada lagi pajak atau pungutan apapun juga. Bahkan ketika kapal Om mulai jalan, itu dari Angkatan Laut China, mengawal kapal Om sampai di perairan bebas.

N: Om gak kasih duit rokok sama tentara China om yang udah jagain dan ngawal Om?

X: Bisa mati ditembak sama tentara tauuu…hahahaha…mereka itu konsisten kok menjalankan ANTI KORUPSI. Sebenarnya gak bakal terlihat kalau Om kasih mereka duit rokok. Tapi mereka ga pernah mau terima. Dan malah Om yang di pelototin…hahahahaha…

N: Ooohh begitu toh…Pantas saja produk asal China itu bisa murah yaa.

X: Itulah yang menyebabkan Om lebih memilih berinvestasi di sana dari pada di Indonesia. Tapi bukan Om TIDAK NASIONALIS yaa!!!! Cam kan ini…BAHWA PEMERINTAH KITA YANG KEJAM TERHADAP PARA PENGUSAHA ITULAH YANG TIDAK NASIONALIS.

~ by Putri Mulia Gurnitha on January 9, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: